Powered By Blogger

Selasa, 20 April 2010

artikel blog

Kisah Terusan Panama, Si Pembelah Benua
TERUSAN Panama (Panama Canal) adalah sebuah kanal besar yang terletak di negara Panama, Amerika Tengah. Kanal Panama atau yang lebih dikenal dengan nama Terusan Panama lebih jelasnya adalah sebuah terusan yang membelah tanah genting Panama sepanjang 82 km, sekaligus juga membelah daratan Amerika Utara dan Amerika Selatan dan dengan demikian berhasil menghubungkan Samudra Pasifik dan Atlantik. Terusan ini memotong waktu tempuh kapal laut karena tidak perlu memutar lewat ujung selatan Amerika Selatan. Sebagai contoh, jika sebuah kapal laut berlayar dari New York (Pantai Timur AS) menuju ke San Francisco (Pantai Barat AS) dan tidak melalui terusan ini maka jarak perjalanannya menjadi 22.500 km (14.000 mil), sedangkan jika memanfaatkan terusan maka jaraknya hanya menjadi 9.500 km (6.000 mil) saja!

Rencana pembangunan terusan ini sudah mulai muncul di abad ke 16 namun baru berhasil direalisasikan pada 15 Agustus 1914. Walaupun pembangunannya dilanda berbagai masalah seperti penyakit malaria, demam kuning, bencana tanah longsor, dan kekurangan air, terusan ini akhirnya berhasil didirikan dan telah membantu ratusan ribu kapal menyeberang sejak pembukaannya atau rata-rata 12.000 kapal per tahun.


Sejarah Pembangunan

Gagasan pembangunan Terusan Panama dicetuskan pertama kali pada tahun 1524 oleh raja Spanyol saat itu, Charles V. Raja berpendapat jika tanah genting di Panama dibelah maka akan meringankan perjalanan kapal-kapal kerajaan yang berlayar dari Ekuador ke Peru ataupun sebaliknya. Tahun-tahun berikutnya, sejumlah kerajaan lain di Eropa juga mengemukakan gagasan yang sama namun masih terbentur kendala teknologi dan sumber daya.

Pembangunan fisik terusan akhirnya baru berhasil dimulai pada tanggal 1 Januari 1880. Saat itu Pemerintah Perancis yang terinspirasi dari kesuksesan insinyurnya, Ferdinand de Lesseps, yang berhasil mendirikan Terusan Suez di benua Afrika, memutuskan memulai proyek mahasulit ini. Pembangunan terusan dipercayakan langsung pada de Lesseps. Sayangnya, karena terkesan buru-buru dan tidak melakukan studi geologi dan hidrologi yang memadai, proyek ini mulai banyak memakan korban jiwa dan dana. Wabah malaria dan demam kuning merebak dan sejumlah besar pekerja terjangkit dan bahkan meninggal dunia (tercatat sekitar 22.000 orang) sehingga proyek mulai terbengkalai. Peralatan yang terbuat dari besi dan baja mulai berkarat, sebagian pekerja angkat tangan dan kembali ke negaranya.

Melihat kondisi ini, pemerintah Perancis pada tahun 1893 memutuskan menghentikan sementara proyek ini. Selanjutnya pada tahun 1898, Perancis melobi Amerika Serikat (AS) untuk meneruskan proyeknya. Tahun 1902, Senat AS menyetujui pengambilalihan proyek ini. Tahun 1904, presiden AS masa itu, Theodore Roosevelt, memutuskan membeli sisa-sisa peralatan proyek dari Perancis dan meneruskan pembangunan terusan. Namun, hal ini dilakukan AS setelah berhasil memerdekakan Panama dari Kolombia. Sebagai kompensasinya, Pemerintah Panama memberikan hak pengelolaan terusan kepada AS.

Pembangunan Terusan Panama pun dilanjutkan kembali! Kali ini melalui persiapan matang dan penyediaan infrastruktur yang memadai. Presiden Theodore Roosevelt menunjuk George Washington Goethals sebagai pimpinan proyek. Peralatan lama sedikit demi sedikit mulai diganti dengan peralatan baru yang lebih canggih. Tahun 1914, proyek Terusan Panama berhasil diselesaikan. Dua tahun lebih cepat dari target yang ditetapkan yaitu pada 1 Juni 1916. Terusan Panama akhirnya dibuka secara resmi pada 15 Agustus 1914 yang bertepatan dengan mulai berkecamuknya Perang Dunia I di Eropa dan kapal laut pertama yang melintas adalah sebuah kapal kargo yang bernama, Ancon.

Pada 1930an, Terusan Panama disempurnakan dengan diciptakannya danau-danau buatan sebagai penampung air yang dibuka jika ada kapal yang akan lewat. Selain itu juga dibuat beberapa pintu air. Setelah Perang Dunia II, rakyat Panama mulai menuntut hak pengelolaan dan selain itu memprotes kehadiran militer AS yang semakin hari semakin bertambah banyak. Akhirnya pada 7 September 1977, Presiden AS, Jimmy Carter dan Presiden Panama, Omar Torrijos menandatangani sebuah kesepakatan yang mengizinkan Panama mengelola sendiri terusan itu namun tetap menjamin netralitas kawasan (Neutrality Treaty) dan AS diizinkan untuk kembali kapan saja. Akan tetapi, kesepakatan ini dikecam oleh sebagian besar rakyat AS. Selanjutnya, pada 31 Desember 1999, pengelolaan terusan diserahkan sepenuhnya ke Panama melalui Otoritas Terusan Panama/Panama Canal Authority (ACP).

Sebelum penyerahan ini, pemerintah Panama telah mengadakan tender internasional untuk 25 tahun kontrak pengoperasian pelabuhan kontainer yang dimenangkan oleh perusahaan Hutchison Whampoa, sebuah perusahaan asal Hong Kong yang dimiliki oleh taipan Li Ka Shing yang juga nantinya menanamkan sahamnya di Facebook.




Cara Pengoperasian

Berbeda dengan Terusan Suez, Terusan Panama mengandalkan sejumlah pintu air dan beberapa danau buatan. Dari Teluk Limon di Samudera Atlantik, kapal memasuki pintu air Gatun Locks yang mengangkat kapal setinggi 26 meter dari permukaan laut. Sejumlah lokomotif listrik kecil menuntun atau mendorong kapal melintasi pintu-pintu air tersebut. Kapal kecil mematikan mesin dan didorong, sedang kapal besar dituntun tapi tetap bergerak dengan kekuatan sendiri. Pintu air raksasa dari baja di belakang kapal ditutup dan pintu air di depannya dibuka untuk mengalirkan air pelan-pelan dari Danau Gatun. Ada tiga pintu air yang harus dilewati, yang akhirnya menaikkan kapal sampai sejajar dengan permukaan danau.

Kapal kemudian melepaskan diri dari lokomotif listrik dan berlayar melintasi danau buatan itu sejauh 22 mil atau 35 kilometer. Danau buatan ini semula adalah lembah Sungai Chagres yang dibendung dengan membangun dam raksasa Gatun. Sesampai di ujung tenggara Danau Gatun kapal memasuki Lintasan Gaillard (gill-yard) yang panjangnya 13 kilometer, lebar 150 meter dan kedalaman minimum 13 meter. Di ujung lintasan Gaillard kapal kembali memasuki pintu air yang juga dilengkapi lokomotif-lokomotif pendorong. Pintu air pertama Pedro Miguel Locks menurunkan kapal 9 meter ke permukaan danau Miraflores. Dari sini kapal kemudian berlayar melintasi danau Miraflores sejauh 2 setengah kilometer ke pintu air Miraflores atau Miraflores Locks. Disini dua pintu air menurunkan kapal sampai sejajar dengan permukaan Samudera Pasifik. Dan dari sini kapal berlayar memasuki Teluk Panama dan kemudian keluar ke Samudera Pasifik.

Diukur dari Teluk Limon di Samudera Atlantik ke Teluk Panama di Samudera Pasifik terusan ini memiliki panjang sekitar 82 kilometer dengan lama pelayaran sekitar 8 jam. Rata-rata ada 12.000 kapal melintasi terusan ini setiap tahun, atau sekitar 33 kapal sehari. Tetapi karena sempit, terusan ini tidak dapat dilewati kapal induk dan kapal tangki raksasa. Oleh karenanya kapal-kapal yang bisa melintas di terusan Panama disebut kapal-kapal Panamaz.

Ongkos/tarif melewati terusan

Otoritas terusan menetapkan tarif untuk melintas Terusan Panama berdasarkan jenis kapal, ukuran, dan kargo apa yang dimuat dalam kapal. Tahun 2007, Otoritas telah menetapkan tarif terbarunya dan kapal Disney Cruise Line asal AS pada tahun 2008 mencatat rekor sebagai pembayar tarif termahal yaitu sejumlah USD 331.200.

Tantangan ke Depan

Terusan Panama menghadapi sejumlah persaingan sengit dari misalnya jawatan kereta api inter-samudra yang melintasi Amerika Serikat dan Meksiko, serta rencana negara tetangga Nikaragua untuk juga membangun terusan. Melihat tantangan ini Pemerintah Panama pada tahun 2006 lalu menggelar referendum untuk memperluas terusan. Untungnya referendum ini disetujui oleh sekitar 80% rakyat Panama. Secara kongkrit, perluasan terusan Panama akan dibarengi dengan pembangunan dua pintu air ekstra lebar, yaitu pada awal dan akhir terusan. Terusan Panama juga akan diperluas dan diperdalam di beberapa tempat. Proyek ini akan makan waktu paling sedikit delapan tahun dan biayanya mencapai lebih dari USD 5 milyar. Panama sendiri akan menyalurkan sekitar separuh ongkosnya yang bisa jadi diambil dari kantong Otoritas Terusan Panama yang tahun 2007 tercatat meraup pendapatan sekitar USD 1,76 miliar. Sisanya diambil dari pinjaman-pinjaman internasional.

Lalu bagaimana dengan negara kita yang merupakan negara maritim, apa sudah pernah ada rencana untuk membangun terusan? Ternyata negara kita juga tidak mau kalah, ckckck... Konsep pengoperasian Terusan Panama sejak tahun 2006 telah diterapkan di Sungai Cisadane.

Sumber:
» The Free Dictionary
» Radio Netherlands Worldwide
» http://desiran.blogspot.com/2008/06/panorama-indah-terusan-panama.html



Baca juga :
JAGAD
Legenda Loch Ness dan Monster Nessie
Malvinas: Rivalitas Argentina – Inggris di Luar Lapangan Hijau
Atlantis, Ada atau Tiada?
Fakta-fakta Menarik Tentang Pluto
Makau, Dulu dan Sekarang
JAGAD
Legenda Loch Ness dan Monster Nessie
Kisah Terusan Panama, Si Pembelah Benua
Malvinas: Rivalitas Argentina – Inggris di Luar Lapangan Hijau
Atlantis, Ada atau Tiada?
Fakta-fakta Menarik Tentang Pluto
Makau, Dulu dan Sekarang

oleh: Adnan Perambahan
Labels: JAGAD
23 comments:

ridwan171 mengatakan...
di negara kita kata terusan biasanya dipakai bwt nama jalan bukan sebuah kanal yang besar.... hehhee
semoga negara kita segera bikin terusan kaya terusan jakarta gtuh....

Jumat, Mei 08, 2009

si kumb@ng mengatakan...
kl di Indonesia yg di belah mah rumah2 penduduk...
truz si jadiin kali banjir kanal ...
nice share mas.......

Jumat, Mei 08, 2009

Pembentukan Kecamatan Sentajo Raya mengatakan...
oooh..... gitu ya bro... nicepost bro..... keren...
tambah lagi donk..posting yang lebih asik... hihihi..
salud dah.. ma temen ku yg satu ini.... artikelnya bikin tambah wawasan.... sip bro....

btw, aku mohon masukan untuk artikel terbaru aku nih..
artikelnya urgent dan hot... siipp....

Jumat, Mei 08, 2009

Able mengatakan...
seperti biasa...postingannya sangat detail...salut..

Jumat, Mei 08, 2009

Real Estate mengatakan...
Ilmu yang bermanfaat nih

Jumat, Mei 08, 2009

KOESnadi mengatakan...
terimakasih sob atas infonya..
The Most Beautiful Woman In The World

Jumat, Mei 08, 2009

Blogger Magazine mengatakan...
lengkap juga sob.. kalo denger terusan panaam jadi inget pelajaran pas masih skul dulu.. :)

Sabtu, Mei 09, 2009

eri-communicator mengatakan...
Jadi ingat pelajaran sewaktu sekolah dulu, tapi disini lebih lengkap.

Sabtu, Mei 09, 2009

homyworld mengatakan...
nice post friend...ditunggu ceritanya yang lain...

Sabtu, Mei 09, 2009

roitsoft mengatakan...
akhirnya, ada juga posting terbaru...sip... duluuuu pernah tau soal terusan ini, tapi taunya hanya segitu aja... baru sekarang ngerti gimana kisahnya...

mantap....

Senin, Mei 11, 2009

Poison-Tech' blog mengatakan...
mampir di hari senin..

Senin, Mei 11, 2009

Yudhi mengatakan...
Ehm... bagus juga ceritanya, makasih ya :)

Selasa, Mei 12, 2009

pandu mengatakan...
oww..baru thu.....

Selasa, Mei 12, 2009

Adnan Perambahan mengatakan...
makasih sobat atas komentar2nya :D

Senin, Mei 25, 2009

pakwo; 3 Jurus Pemikiran Budiono mengatakan...
Melalui tulisan mas, betapa pemikiran manusia pada masa lalu.Mereka mempunyai kemampun yang luar biasa karena dengan tehnologi seadanya toh sanggup membuat terusan panama,oke..Indonesia ?....Insyallah ...

Selasa, Mei 26, 2009

SIMATUPANG mengatakan...
Sorry nan, kalo web yang kmarin itu lagi di perbaiki. Makanya blum di aktifin.

Kamis, Mei 28, 2009

Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang mengatakan...
Mohon maaf lahir dan batiin.
Met idul fitri yach...?!

Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang

Selasa, September 22, 2009

vietnam mengatakan...
Subhanallah !!! Thank membuat saya bertafakur :)

Sabtu, Januari 23, 2010

mikrotik mengatakan...
maksih infonya :)

Sabtu, Januari 23, 2010

buat situs mengatakan...
great !!

Sabtu, Januari 23, 2010

buat web mengatakan...
mantaab

Sabtu, Januari 23, 2010

propolis mengatakan...
thanks ilmunya

Sabtu, Januari 23, 2010

renungan dan hikmah mengatakan...
nice post

Sabtu, Januari 23, 2010
:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

Links to this post
Buat sebuah Link

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
This Day in History

Johnson's A Dictionary of the English Language Published (1755)
Written by literary scholar Samuel Johnson, A Dictionary of the English Language was the first comprehensive English lexicographical work ever undertaken and is among the most influential dictionaries in the history of the English language. Remarkably, Johnson completed the work nearly single-handedly over a period of nine years. Unlike most modern lexicographers, he introduced humor into a number of his more than 42,000 definitions. What are some examples? More... Discuss

Johnson's A Dictionary of the English Language Published (1755)
Written by literary scholar Samuel Johnson, A Dictionary of the English Language was the first comprehensive English lexicographical work ever undertaken and is among the most influential dictionaries in the history of the English language. Remarkably, Johnson completed the work nearly single-handedly over a period of nine years. Unlike most modern lexicographers, he introduced humor into a number of his more than 42,000 definitions. What are some examples? More... Discuss


Gadgets powered by Google

Gadgets powered by Google

LABEL

BUDAYA BLOG
TOKOH
DUNIA MAYA
PERISTIWA
JAGAD
MEDIA
OTOMOTO
LINK EXCHANGE
ARTIKEL MENARIK LAINNYA :

Vespa, Sang Legendaris...
Kilasan Singkat Facebook
Makau, Dulu dan Sekarang
Apa dan Siapa Madame Tussauds?
Serba-serbi Friendster yang Perlu Anda Ketahui
Nelson Mandela: Kesatria Anti-Apartheid
Siapa Sebenarnya Santo Valentinus?
Hari Valentine Dalam Tinjauan Sejarah
Sejarah dan Seluk Beluk Surat Elektronik/Email
Fakta-fakta Menarik tentang Pluto
Sejarah Manifesto Komunis
Ferrari, Lompatan Sejarah Si Kuda Jingkrak
Apakah Anda Yahoo!? (Sejarah Yahoo!)
Seputar Supersemar dan Kontroversinya
Rolls-Royce, Legenda Mobil Mewah dan Mesin Pesawat Inggris
Peristiwa (dulu: Pemberontakan PKI) Madiun 1948
Sejarah Bandung Lautan Api
Facebook: Data dan Fakta Sejarah
Atlantis, Ada atau Tiada?
Malvinas: Rivalitas Argentina – Inggris di Luar Lapangan Hijau
Asal Usul April Mop
Cornelis de Houtman: Pembuka Jalan Penjajahan Belanda di Nusantara
Joseph Pulitzer: Jurnalis Penggagas Penghargaan Pulitzer
Khmer Merah, Lembar Sejarah Kelam Kamboja
Kisah Terusan Panama, Si Pembelah Benua
Evolusi Blogger.com dalam Satu Dasawarsa (1999-2009)
Evolusi 21 tahun Adobe Photoshop (1988-2009)
Legenda Loch Ness dan Monster Nessie
CNN, Sang Pelopor TV Berita
Jules Verne, Bapak Kisah Fiksi Ilmiah
Bemo, Dulu Menggemaskan Sekarang Mengenaskan


BUDAYA BLOG
Petunjuk Ringkas Membuat Blog
Kamus Istilah-Istilah Dalam Blog
Memilih Template untuk Blog
Pasanglah Aksesoris Blog yang Menunjang Blog Kita
Manjakan Pengunjung Blog dengan Fasilitas ‘save page as PDF’
Ayo, Ukur Berat Blog Anda!
Kode-kode Warna untuk Blog/Web
Pemberitahuan Telah Pindah Domain
Tukar Link / Link Exchange
KOMENTAR TERBARU PEMBACA :

wah wah wah ........... q jga demam fb .. http://... - neda syarifa
SUDAH DIPASANG LINKNYA SOB, DITUNGGU BACK LINKNYA - hafizh firdaus taufiq
Free / Gratis Download Lagu,Video,Film,Software,Ga... - vco86.blogspot.com
kenapa kebudayaan dr luar yg sdh jelas ga ada manf... - aditya
Mas, Tukaran Link sekalian Dofollow yah. Ntar saya... - Ge2


Ads Powered by:KumpulBlogger.com

Pasang iklan
Mini Banner di sini
, Komisi 3% untuk Blogger
Ads Powered by:KumpulBlogger.com

Pasang iklan
Mini Banner di sini
, Komisi 3% untuk Blogger

AUTHOR :


Berbagi Kisah Sejarah Sebagai Pelajaran Untuk Masa Depan
Lihat profil lengkapku
JOIN WITH MY NETWORK :

Facebook
MyBlogLog
NetworkedBlogs
Twitter
BLOGROLL :

fatihsyuhud, kangRohman, o-om, kendhin, TipsTutorial, TipsFacebook, trikblog, indon3sia, akhdian, homyworld, KuanSing, gajahbonge, hapiamesir, eRGe32, tyasmelani, KeluaGaul, BloggerHolic, indoHospital, mymeryl, TutorPhone, dnrestcom, Reny, anime7graphic, hanyainfo, bieaz, amriawan, stm-otista, kotaikan, Able, Belajar SEO, gudangtool, ebenk789, investmens35, sastrocaster, innakoe, b-learnings, dedepurnama, abimz, tirtamaharani, debogger, Nasrulloh, investasigo, aprijunaidi, dhiela, Backlink Berkualitas, mayaozk, kucingbunted, musiku, berrydevanda, kelassandiwara, achot, yasmara, matupang, h0lilblogs, Dinoe, prasannaas, musicteller, fatharanifariha, crystal4all, hqjava, rocknroll13, babasz, NKRI, san9saka, psd-tutorial, kawanua-law, sikumb@ng, facebooktutorial, haditsshahih, siak-bungaraya, antik-bendabertuah, jualbebas, blog-gajelas, Pengabdian, 9at3, chordguitarz, lipukupamona, trick&share, cikgumalaysia, erlambang, vidlover, kalteng004, tempatlink, pemyhasyim, AugenBlackskin, samudra, roitsoft, rischan, wongtemanggung, iklanlokal, kliksekarang, GetMoneyOnline, BlogPendidikan,
FREE DOWNLOAD :

ANTIVIRUS :
PCMAV 2.0c (Juni-Juli 2009)
AVG Anti-Virus Free Edition 8.5

BROWSER :
Firefox 3
Opera 9.6
Safari 4
Chrome
Flock

EBOOK :
Blogging and Google Adsense
Blog Profits Blueprint by Yaro Starak
Clickbank for Newbies
Rahasia Sukses Menghasilkan Uang dengan Adsense
Setting Custom Domain by o-om.com
Kiat Sukses Promosi Blog by o-om.com
Kumpulan Artikel Kesehatan Ibu, Bayi dan Balita
Kumpulan Kalimat Gombal from Kaskus forum

SOFTWARE :
Portable Oxford Dictionary
Acrobat Reader 9 (Light Edition)
PDF995 link 1, link 2

WALLPAPER :
Best Dreamy World
Fractal Edition
Underwater Edition
Windows Vista Wallpaper

Asal Usul...... on Facebook
SITE INFO :






Live Traffic Feed
Indonesia arrived from search.conduit.com on "Sejarah Manifesto Komunis" 1 min ago.
Yogyakarta arrived from google.co.id on "Siapa Sebenarnya Santo Valentinus?" 3 mins ago.
Jakarta, Jakarta Raya arrived from google.co.id on "Hari Valentine Dalam Tinjauan Sejarah" 7 mins ago.
Jakarta, Jakarta Raya arrived on "Bemo, Dulu Menggemaskan Sekarang Mengenaskan" 9 mins ago.
Oslo arrived on "Rolls-Royce, Legenda Mobil Mewah dan Mesin Pesawat Inggris" 31 mins ago.
Indonesia arrived from google.com on "Sejarah Manifesto Komunis" 37 mins ago.
Kediri, Jawa Timur arrived from google.co.id on "Facebook: Data dan Fakta Sejarah" 49 mins ago.
Jakarta, Jakarta Raya arrived on "Cornelis de Houtman: Pembuka Jalan Penjajahan Belanda di Nusantara" 1 hour ago.
Jakarta, Jakarta Raya arrived from google.co.id on "Peristiwa (dulu: Pemberontakan PKI) Madiun 1948" 1 hour 1 min ago.
Jakarta, Jakarta Raya arrived from google.co.id on "Seputar Supersemar dan Kontroversinya" 1 hour 7 mins ago.
Live Traffic Feed Menu


Copyright © 2009 asal-usul.com - template by o-om.com








Acak



Komunitas
Fan Page
Bagikan


Notifikasi X
Welcome to Asal Usul ! Check out the new toolbar at the bottom.



Acak



Komunitas
Fan Page
Bagikan


by: google

Tidak ada komentar:

Posting Komentar