Powered By Blogger

Selasa, 20 April 2010

analisis bcg

Matrix ini cukup terkenal… gue kuliah juga diajarin sekilas… gue kerja bareng The Big 5 Konsultan Asing.. juga nyebutin mengenai ini…!!! Yah sebagaimana matrix 2 dimensi lainnya BCG (Boston Consulting Group) Matrix melihat 2 indikator yaitu Market Share dan Market Growth… Market Share bisa kita gunakan sebagai indikator.. apakah pasar motor bebek misalnya telah dikuasai… atau siapa yang menguasai pasar motor bebek itu..!!! Market growth untuk melihat apakah pasar sudah jenuh.. dalam artian.. nggak ada pertumbuhan demand terhadap motor bebek misalnya…!!!

Dog

Wah kalau ini ..dimana market share product motor A misalnya kecil.. growthnya juga kecil.. lah bisa bangkrutz.. kalo nggak buru-buru diambil tindakan tepat. Usahakan masuk ke quadrant problem child… dalam artian market growthnya ditingkatkan dengan meningkatkan kualitas, memberikan potongan harga, advertising yang gencar dsb… Kalau kita prediksi susah mencapai quadrant problem child.. ya udah.. cut loss.. jual buru-buru.. tutup produksi motor A… daripada rugi banyak..!!!

Problem Child

Pada quadrant ini, product yang ditawarkan walau masih mempunyai market share rendah, tapi demannya udah kelihatan banyak.. sehingga market growthnya tinggi…!!! Product Yamaha V-Ixion jelas sekali baru sampai tahap ini… Yang perlu dilakukan adalah mendorong agar product ini bergeser ke arah quadrant Star. Hal ini bisa dilakukan dengan cara adveritsing yang gencar… kasih potongan harga… bundle dengan hadiah menarik.. misalnya helm relief ‘mataharinya’ Rossi…

Star

Kalau sudah sampai di posisi star… dimana market share sudah dominan.. tapi growth masih banyak… advertising bisa seperlunya saza.. penambahan fitur minor bisa dilakukan… kerjasama dengan club juga bisa digiaatkan dsb…

Cash Cow

Yah kalau sudah sampai sini… sudah hampir seluruh market share dikuasai… growthnya udah mentok… yah tinggal dimaintain aza.. lebih banyak kearah maintenance.. produksi bisa stabil.. Nikmati untuk beberapa saat sebelum berpikir lagi.. akan mengeluarkan product baru apa.. agar pasar tidak jenuh…!!!

Usahakan jangan diposisi quadrant dog… repotz… cepet-cepet upayakan menjadi problem child… Comfort zone adalah posisi Star ataupun Cash Cow… dan ini bisa diraih dengan kombinasi mutu / kualitas dan harga…!!!

Komentar»
1. ilham - Juli 2, 2007
Nice article again bro Tri. Btw mengapa diagram BCG ini hanya memasukkan produk dan market sebagai variable? Bagaimana dengan variabel2 lain seperti kebijakan pemerintah, dinamika konsumen, dll, apa ada matrik yg lain ataukah ini sudah cukup untuk menjelaskan sebuah masa depan produk?

2. triatmono - Juli 2, 2007
@ilham
Matrix itu biasanya memang memasukkan 2 variable… entah itu dependent atau independent variable.. Kalau suatu variable sudah dimasukkan / tercermin di suatu variable.. variable tersebut nggak perlu / usah dimasukkan…
Kebijakan Pemerintah, Dinamika Konsumen pasti akan tercermin kedalam market growth… jadi ngambil market growth sudah cukup mewakili … kira-kira begitu bro…
Mengenai masa depan suatu product sukses atau nggak, sangat tergantung dari berbagai kebijakan yang diambil oleh ATPM tersebut… ibarat motor sportz.. sangat tergantung dari design itu sendiri.. dari chasis, engine, karbu etc.. nggak bisa hanya engine doang.. Masih ada tools lain untuk menguji agar dapat memastikan bahwa product yang akan dilempar… mempunyai probabiltas tinggi.. sukses di pasar…!!!

3. IAn - Juli 2, 2007
mo nambahin
cash cow sebenernya bukan comfort zone. karena sudah tidak memiliki pertumbuhan pasar dan harap hati2 karena akan memasuki zone decline (penurunan). sehingga berbahaya bila ada kompetitor yang menyerang dan berada pada posisis stars.
contoh : tiger sudah berada di posisi cash cow. bila tidak hati2 v-xion yang berada di problem child bisa menjadi stars dan tiger bisa masuk dalam posisi dog. melihat dari product life cycle-nya v-xion yang masih dalam tahap awal.

4. triatmono - Juli 3, 2007
@ian
Betul jika case yang dihadapi misalnya suatu product market sharenya 50% (tidak menguasai mutlak..!!!) Tapi kalau suatu product sudah menguasai 80-90% market share, maka agak susah mengharapkan market growth untuk product tersebut… Dan biasanya pabrikan akan berpikir bagaimana menyapu habis sisanya dengan product lain.. baik melalui predatory price… ataupun memberikan discount cukup besar.. dengan menukarkan product kompetitornya (dengan dihargai suatu nilai tertentu..). Dapat juga untuk product-product tertentu menggunakan buy one get one free…
Intinya.. penerapan suatu teori itu dilihat juga case study nya gimana…

5. izul - Juli 6, 2007
lagian juga kan harus analisis lingkungan external dan internal perusahaan pake qspm juga bisa kalo memang ada faktor2 di luar (peluang dan ancaman)

6. ivan - Desember 14, 2007
halo..rud…. ada yang ingin saya tanyakan mengenai BCG ini… saya masih pusing dengan metode ini,,, bagaimana menurut kamu menarik batas antara star dan cash cows karena max growth product dalam 1 industri sangat bervariasi… kira-kira buku yang bisa saya baca apa ya… yang membahas khusus masalah BCG. tks friend,,,,

7. triatmono - Desember 15, 2007
@ivan

Sorry baru online lagi..
Menurut gue lho Bro, gampang aza.. kalau dipasar motor.. khan ada tuh… pabrikan yang secara market share masih menguasai… tapi growthnya menurun… ini masuk quadrant cash cow (silahkan liat diartikel lain di blog ini)…
Dan bahayanya… jika nggak ditangani dengan sungguh-sungguh bisa ke quadrant dog… Dan banyak sebab kenapa jatoh dari star ke cash cow…
Jika quadrant star.. ada juga pabrikan.. yang lumayan besar market sharenya… dan penjualannya dari tahun ke tahun lumayan naik… cukup tinggi… nah itu berada di quadrant star…

Intinya seh.. dari quadrant itu… gimana melakukan peningkatan competitive advantage… dan itu hanya bisa dilakukan dengan perbaikan kualitas dan harga yang semakin kompetitif… sehingga valuenya meningkat

8. dwi tjahjo - Januari 11, 2008
bung, buku pedoman matrik bcg apa ya?……………….thanks

9. Achmad Novarianda Noor - Februari 15, 2008
Boz..lu praktisi juga mungkin ya..? Ini cm kebetulan doank pas gw lagi butuh BCG matrix penjelasannya buat tugas MM gw. Thanx bgt..Boz

10. triatmono - Februari 15, 2008
@achmad
Waduh… gue ini merasa seperti orang awam… !!!
Tapi kok anehnya… ngomongan gue diikutin… dan anehnya lagi.. yang ngikutin sukses… bilangnya dari gue…!!! Padahal khan dari usaha mereka sendiri…!!! Lha wong.. Allah nggak bakalan ngerubah nasib .. jika ybs nggak mau ngerubah… mosok karena gue…!!!

11. adri - April 13, 2008
Salam kenal…nama saya adri

saya mo nanya:
bisa ngak klo customer kita juga dikelompokkan kedalam dog,problem child,stars,cash cow..jadi pihak manajemen bisa tahu customer mana yang revenue growthnya masih tinggi yang masih memberikan kontribusi revenue yg berarti bagi manajemen.

salam,

12. triatmono - April 13, 2008
@adri
Customer yang potential tahunya dari mana …??? Pastinya tercermin dari product yang mereka beli.. betul… ??? Kalau nggak tercermin.. berarti dari survey.. alias ngeliat aza dari income perkapita.. !!! Nagh kalau tercermin dari product yang laku.. berarti bisa di map perkembangannya alias market share nya.. mana yang udah mentok.. nggak naik.. naik.. mana yang masih terus laku… !!! Once.. udah di map dengan product dan market share.. BCG matrix ini gunanya.. !!! So pasti tercermin dari product.. !!! Semoga membantu..

13. Andri - Juni 25, 2008
Gw lagi nyari tugas BCG Matrix nih, untung ketemu, hehe..

14. Dino - November 19, 2008
kok problem child? biasanya question marks

15. Dino - November 19, 2008
BCG matrix untuk analisis strategi instansi sektor publik bisa atau nggak ya?

16. ica - Februari 1, 2009
bisa kasi contoh produk dr tiep fasenya ga?? aku lg butuh ni…thx

17. ike - Februari 1, 2009
gw bingung nih…
gw disuruh cari contoh perusahaan tiap kelompoknya (dogs, question marks, stars, cows)..
gmn nih, lampirin pie chart jg..
bgg d..

18. Ferry Cugito - April 25, 2009
Terima kasih Pak Rudi, berkat blog anda, tugas kuliah pacar saya bisa terbantukan. Dosennya memberikan tugas untuk mencoba menganalisa secara BCG terhadap produk-produk seperti motor Yamaha, garuda food maupun ABC grup. Sukses untuk Anda

19. reyner - Mei 5, 2009
mas, tolong juga jelasin dong, soal grand strategy matrix sama space matrix ya……….biar tambah pinter gitu…..heheheheehehe

Thx yooo…..

20. VIA - Juli 22, 2009
ditambahin juga dunk contoh matriks BCG perusahaannya….

21. wawanm - Agustus 25, 2009
bisa gak bro BCG growth share matrix di aplikasikan ke perusahaan yang menjual service dan produk (mendukung service) kepada client.semisal service oil company (schlumberger/halliburton). kalau gw liat the big2 itu selalu menguasai pasar hampir 80% nya secara globally.
thx

22. kinanth - September 15, 2009
Mas, gimana cara menentukan nilai batas antara high & low market growth ? berdasarkan apa ?

23. gede - September 30, 2009
bisa nggak aku dapetin modul atau teori tentang matrik bcg, kalo ada tolong di kirim ya ? thanks

24. andini - Oktober 15, 2009
mas gede, ada buku judulnya manajemen strategis karangan fred david sekarang sdh edisi 12 yg englishnya. itu cukup lengkap membahas antara lain matrix BCG dan matrix IE (internal extenal) sbg matriks utk analisa portofolio bisnis. pd dasarnya kedua matrix ini cocok dipake bila divisi pencari laba dlm suatu prusahaan itu banyak dan hrs bersaing dlm industri yg berbeda2. TQ

25. andini - Oktober 15, 2009
pd dasarnya utk perusahaan sektor publik seperti BUMN bs menggunakan matrix ini, tapi tetap memperhatikan apakah divisi pencari laba di dalamnya bersaing dlm industri yg berbeda. tapi, sekali lg, matrix2 ini hanya sebagai alat.

26. malaysian student - Maret 2, 2010
siapa tau nk alih bahasa dari bahasa indonesia ke bahasa melaysia?saya sngt memerlukan nota ini bagi melengkap kan kajian saya tentang pemasaran….klu blh tolong k….plz….

27. Julidar - Maret 26, 2010
thanks bgt ya, ini pas bgt buat bantuin tugas gw neh hahahaha
blog nya neh sangat membantu, tapi kog aneh ya?problem child?bukannya


message
nameemailurl
Beritahu saya mengenai komentar-komentar selanjutnya melalui surel.

Beritahu saya tulisan-tulisan baru melalui surel.

search






Blog Stats
6,159,909 hits

Tulisan Terakhir
High Speed Touring, … Route Kuala Lumpur – Phuket …!!! (3)
Tentang Helm,… Lesson Learned dari Negeri Jiran …!!!
Songkran Day,… Yoooo main perang-perangan aeeer …!!!
High Speed Touring, … Route Kuala Lumpur – Phuket …!!! (2)
High Speed Touring, … Route Kuala Lumpur – Phuket …!!! (1)
Pengalaman Riding skutik di Phuket …!!!
Test Ride,… Honda PCX 125 …!!!
Test Ride,… Kawasaki Z1000 …!!!
Warung off dulu,… Juragan warung mau touring …!!!
Yooo Ngaaaji,… boleh kaaagh memakai kain sutera …???
Jiaaah Blog racez,… bisa kaagh Kang Taufik overtaking Bro Sattar …???
Lapz 3,… kalahkan Yamaha … Honda menunjukkan power di straight …!!!
Komentar Terakhir
boqeer pada Tentang Helm,… Lesson Learned dari Negeri Jiran …!!!
andry pada High Speed Touring, … Route Kuala Lumpur – Phuket …!!! (3)
Supra XX pada Tentang Helm,… Lesson Learned dari Negeri Jiran …!!!
cotto pada High Speed Touring, … Route Kuala Lumpur – Phuket …!!! (2)
cotto pada High Speed Touring, … Route Kuala Lumpur – Phuket …!!! (2)
ROBBY pada Kolom Iklan…
rambut jagung pada High Speed Touring, … Route Kuala Lumpur – Phuket …!!! (3)
nORk pada Tentang Helm,… Lesson Learned dari Negeri Jiran …!!!
Steve_Ninja250r pada High Speed Touring, … Route Kuala Lumpur – Phuket …!!! (3)
rayjin pada High Speed Touring, … Route Kuala Lumpur – Phuket …!!! (3)
luthfie pada Tentang Helm,… Lesson Learned dari Negeri Jiran …!!!
triatmono pada High Speed Touring, … Route Kuala Lumpur – Phuket …!!! (3)
Lexy pada Tentang Helm,… Lesson Learned dari Negeri Jiran …!!!
Badboy pada Tentang Helm,… Lesson Learned dari Negeri Jiran …!!!
Lexy pada High Speed Touring, … Route Kuala Lumpur – Phuket …!!! (3)
Category

Arsip


WSBK News
Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.


My site is worth $20454.6.
How much is yours worth?
FEED
PENUH
KOMENTAR
by: google

Tidak ada komentar:

Posting Komentar