Powered By Blogger

Jumat, 18 Juni 2010

Sejarah Terusan Panama 13 Oktober 2009

Sejarah Terusan Panama
13 Oktober 2009
[Image]
Terusan Panama (Panama Canal) adalah sebuah kanal besar yang terletak di negara Panama, Amerika Tengah. Kanal Panama atau yang lebih dikenal dengan nama Terusan Panama lebih jelasnya adalah sebuah terusan yang membelah tanah genting Panama sepanjang 82 km, sekaligus juga membelah daratan Amerika Utara dan Amerika Selatan dan dengan demikian berhasil menghubungkan Samudra Pasifik dan Atlantik. Terusan ini memotong waktu tempuh kapal laut karena tidak perlu memutar lewat ujung selatan Amerika Selatan. Sebagai contoh, jika sebuah kapal laut berlayar dari New York (Pantai Timur AS) menuju ke San Francisco (Pantai Barat AS) dan tidak melalui terusan ini maka jarak perjalanannya menjadi 22.500 km (14.000 mil), sedangkan jika memanfaatkan terusan maka jaraknya hanya menjadi 9.500 km (6.000 mil) saja!

Rencana pembangunan terusan ini sudah mulai muncul di abad ke 16 namun baru berhasil direalisasikan pada 15 Agustus 1914. Walaupun pembangunannya dilanda berbagai masalah seperti penyakit malaria, demam kuning, bencana tanah longsor, dan kekurangan air, terusan ini akhirnya berhasil didirikan dan telah membantu ratusan ribu kapal menyeberang sejak pembukaannya atau rata-rata 12.000 kapal per tahun.
Sejarah Pembangunan
Gagasan pembangunan Terusan Panama dicetuskan pertama kali pada tahun 1524 oleh raja Spanyol saat itu, Charles V. Raja berpendapat jika tanah genting di Panama dibelah maka akan meringankan perjalanan kapal-kapal kerajaan yang berlayar dari Ekuador ke Peru ataupun sebaliknya. Tahun-tahun berikutnya, sejumlah kerajaan lain di Eropa juga mengemukakan gagasan yang sama namun masih terbentur kendala teknologi dan sumber daya.

Pembangunan fisik terusan akhirnya baru berhasil dimulai pada tanggal 1 Januari 1880. Saat itu Pemerintah Perancis yang terinspirasi dari kesuksesan insinyurnya, Ferdinand de Lesseps, yang berhasil mendirikan Terusan Suez di benua Afrika, memutuskan memulai proyek mahasulit ini. Pembangunan terusan dipercayakan langsung pada de Lesseps. Sayangnya, karena terkesan buru-buru dan tidak melakukan studi geologi dan hidrologi yang memadai, proyek ini mulai banyak memakan korban jiwa dan dana. Wabah malaria dan demam kuning merebak dan sejumlah besar pekerja terjangkit dan bahkan meninggal dunia (tercatat sekitar 22.000 orang) sehingga proyek mulai terbengkalai. Peralatan yang terbuat dari besi dan baja mulai berkarat, sebagian pekerja angkat tangan dan kembali ke negaranya.

Melihat kondisi ini, pemerintah Perancis pada tahun 1893 memutuskan menghentikan sementara proyek ini. Selanjutnya pada tahun 1898, Perancis melobi Amerika Serikat (AS) untuk meneruskan proyeknya. Tahun 1902, Senat AS menyetujui pengambilalihan proyek ini. Tahun 1904, presiden AS masa itu, Theodore Roosevelt, memutuskan membeli sisa-sisa peralatan proyek dari Perancis dan meneruskan pembangunan terusan. Namun, hal ini dilakukan AS setelah berhasil memerdekakan Panama dari Kolombia. Sebagai kompensasinya, Pemerintah Panama memberikan hak pengelolaan terusan kepada AS.

Pembangunan Terusan Panama pun dilanjutkan kembali! Kali ini melalui persiapan matang dan penyediaan infrastruktur yang memadai. Presiden Theodore Roosevelt menunjuk George Washington Goethals sebagai pimpinan proyek. Peralatan lama sedikit demi sedikit mulai diganti dengan peralatan baru yang lebih canggih. Tahun 1914, proyek Terusan Panama berhasil diselesaikan. Dua tahun lebih cepat dari target yang ditetapkan yaitu pada 1 Juni 1916. Terusan Panama akhirnya dibuka secara resmi pada 15 Agustus 1914 yang bertepatan dengan mulai berkecamuknya Perang Dunia I di Eropa dan kapal laut pertama yang melintas adalah sebuah kapal kargo yang bernama, Ancon.

Pada 1930an, Terusan Panama disempurnakan dengan diciptakannya danau-danau buatan sebagai penampung air yang dibuka jika ada kapal yang akan lewat. Selain itu juga dibuat beberapa pintu air. Setelah Perang Dunia II, rakyat Panama mulai menuntut hak pengelolaan dan selain itu memprotes kehadiran militer AS yang semakin hari semakin bertambah banyak. Akhirnya pada 7 September 1977, Presiden AS, Jimmy Carter dan Presiden Panama, Omar Torrijos menandatangani sebuah kesepakatan yang mengizinkan Panama mengelola sendiri terusan itu namun tetap menjamin netralitas kawasan (Neutrality Treaty) dan AS diizinkan untuk kembali kapan saja. Akan tetapi, kesepakatan ini dikecam oleh sebagian besar rakyat AS. Selanjutnya, pada 31 Desember 1999, pengelolaan terusan diserahkan sepenuhnya ke Panama melalui Otoritas Terusan Panama/Panama Canal Authority (ACP).

Sebelum penyerahan ini, pemerintah Panama telah mengadakan tender internasional untuk 25 tahun kontrak pengoperasian pelabuhan kontainer yang dimenangkan oleh perusahaan Hutchison Whampoa, sebuah perusahaan asal Hong Kong yang dimiliki oleh taipan Li Ka Shing yang juga nantinya menanamkan sahamnya di Facebook.

[Image]

Cara Pengoperasian
Berbeda dengan Terusan Suez, Terusan Panama mengandalkan sejumlah pintu air dan beberapa danau buatan. Dari Teluk Limon di Samudera Atlantik, kapal memasuki pintu air Gatun Locks yang mengangkat kapal setinggi 26 meter dari permukaan laut. Sejumlah lokomotif listrik kecil menuntun atau mendorong kapal melintasi pintu-pintu air tersebut. Kapal kecil mematikan mesin dan didorong, sedang kapal besar dituntun tapi tetap bergerak dengan kekuatan sendiri. Pintu air raksasa dari baja di belakang kapal ditutup dan pintu air di depannya dibuka untuk mengalirkan air pelan-pelan dari Danau Gatun. Ada tiga pintu air yang harus dilewati, yang akhirnya menaikkan kapal sampai sejajar dengan permukaan danau.

Kapal kemudian melepaskan diri dari lokomotif listrik dan berlayar melintasi danau buatan itu sejauh 22 mil atau 35 kilometer. Danau buatan ini semula adalah lembah Sungai Chagres yang dibendung dengan membangun dam raksasa Gatun. Sesampai di ujung tenggara Danau Gatun kapal memasuki Lintasan Gaillard (gill-yard) yang panjangnya 13 kilometer, lebar 150 meter dan kedalaman minimum 13 meter. Di ujung lintasan Gaillard kapal kembali memasuki pintu air yang juga dilengkapi lokomotif-lokomotif pendorong. Pintu air pertama Pedro Miguel Locks menurunkan kapal 9 meter ke permukaan danau Miraflores. Dari sini kapal kemudian berlayar melintasi danau Miraflores sejauh 2 setengah kilometer ke pintu air Miraflores atau Miraflores Locks. Disini dua pintu air menurunkan kapal sampai sejajar dengan permukaan Samudera Pasifik. Dan dari sini kapal berlayar memasuki Teluk Panama dan kemudian keluar ke Samudera Pasifik.

Diukur dari Teluk Limon di Samudera Atlantik ke Teluk Panama di Samudera Pasifik terusan ini memiliki panjang sekitar 82 kilometer dengan lama pelayaran sekitar 8 jam. Rata-rata ada 12.000 kapal melintasi terusan ini setiap tahun, atau sekitar 33 kapal sehari. Tetapi karena sempit, terusan ini tidak dapat dilewati kapal induk dan kapal tangki raksasa. Oleh karenanya kapal-kapal yang bisa melintas di terusan Panama disebut kapal-kapal Panamaz.

Ongkos/tarif melewati terusan
Otoritas terusan menetapkan tarif untuk melintas Terusan Panama berdasarkan jenis kapal, ukuran, dan kargo apa yang dimuat dalam kapal. Tahun 2007, Otoritas telah menetapkan tarif terbarunya dan kapal Disney Cruise Line asal AS pada tahun 2008 mencatat rekor sebagai pembayar tarif termahal yaitu sejumlah USD 331.200.

Tantangan ke Depan
Terusan Panama menghadapi sejumlah persaingan sengit dari misalnya jawatan kereta api inter-samudra yang melintasi Amerika Serikat dan Meksiko, serta rencana negara tetangga Nikaragua untuk juga membangun terusan. Melihat tantangan ini Pemerintah Panama pada tahun 2006 lalu menggelar referendum untuk memperluas terusan. Untungnya referendum ini disetujui oleh sekitar 80% rakyat Panama. Secara kongkrit, perluasan terusan Panama akan dibarengi dengan pembangunan dua pintu air ekstra lebar, yaitu pada awal dan akhir terusan. Terusan Panama juga akan diperluas dan diperdalam di beberapa tempat. Proyek ini akan makan waktu paling sedikit delapan tahun dan biayanya mencapai lebih dari USD 5 milyar. Panama sendiri akan menyalurkan sekitar separuh ongkosnya yang bisa jadi diambil dari kantong Otoritas Terusan Panama yang tahun 2007 tercatat meraup pendapatan sekitar USD 1,76 miliar. Sisanya diambil dari pinjaman-pinjaman internasional.

Lalu bagaimana dengan negara kita yang merupakan negara maritim, apa sudah pernah ada rencana untuk membangun terusan? Ternyata negara kita juga tidak mau kalah, ckckck...Day dreaming Konsep pengoperasian Terusan Panama sejak tahun 2006 telah diterapkan di Sungai Cisadane.

Sumber : http://www.asal-usul.com/2009/05/terusan-panama-pembelah-benua.html
Diposkan oleh sejarah dunia di 05:21
Label: Sejarah
Link ke posting ini

Buat sebuah Link
Artikel Lainnya

* Sejarah Konspirasi | Jika Columbus Sangat Penting, Kenapa Bukan United States of Columbia, Melainkan USA?
* Pluto Dikeluarkan Dari Tata Surya
* Pria Berpayudara Terbesar
* Fakta Lukisan Yesus
* John Titor Penjelajah Waktu
* Sejarah Organisasi Freemasonry
* Al Khawarizmi Penemu Angka Nol
* Benda AntikTimbulkan Pertikaian Mesir-Jerman
* Yahudi Temukan Dokumen Berumur 2000 Tahun
* Tangan Kotor AS Runtuhkan Bukti Sejarah Irak

* Pluto Dikeluarkan Dari Tata Surya
* Pria Berpayudara Terbesar
* Fakta Lukisan Yesus
* John Titor Penjelajah Waktu
* Sejarah Organisasi Freemasonry
* Al Khawarizmi Penemu Angka Nol
* Benda AntikTimbulkan Pertikaian Mesir-Jerman
* Yahudi Temukan Dokumen Berumur 2000 Tahun
* Tangan Kotor AS Runtuhkan Bukti Sejarah Irak
* Sejarah Konspirasi | Jika Columbus Sangat Penting, Kenapa Bukan United States of Columbia, Melainkan USA?

Sejarah Profil Coretan
Pria Berpayudara Terbesar
Fakta Lukisan Yesus
John Titor Penjelajah Waktu
Sejarah Organisasi Freemasonry
Al Khawarizmi Penemu Angka Nol
Benda AntikTimbulkan Pertikaian Mesir-Jerman
Yahudi Temukan Dokumen Berumur 2000 Tahun
Tangan Kotor AS Runtuhkan Bukti Sejarah Irak
Sejarah Restorasi Meiji Jepang
Jalur Sutra "Asal Usul"
Sejarah Blog Blogger "Blogspot"
Keramik Dinasti Ming Ditemukan di Karimunjawa
Tengkorak Kristal Misteri Peradaban Kuno
Ramalan Kiamat Di Tahun 2012
Peradaban Mesir "Fir'aun"
Sejarah Internet
"Mullah Omar" Biang Kegagalan As DI Afganistan
Terusan Panama
Terusan Suez
Kebudayaan Suku Inca
Segitiga Bermuda
Ordo Bait Allah
Bajak Laut "Perompak"
Antonio SAnti Giuseppe Sang Penemu Telepon Sebenarnya
Sejarah Nama Indonesia
Sejarah Islam DI Indonesia
Perang Dunia II ( Dua )
Perang Dunia I ( Satu )
Wabah Penyakit Dalam Sejarah
Misteri Punahnya Suku Maya
Peta Pertama Terlengkap Di Dunia
Kisah Sukses Pendiri KFC
Zaman Es
Zaman Batu Dan Logam
Sejarah Ninja ( Ninjutsu )
Kumpulan Puisi Chairil Anwar
Sejarah Sulap Dunia
Kitab Al Tasirif Buku Rujukan Para Dokter
Konflik Israel Palestina
Negara Yang Masih Berperang Dan Tersadis
Orang Tersadis Di Dunia
Sejarah Awal Pembentukan Tata Surya
Patung Liberty
Suku Indian
Suku Aborigin
Kontroversi Holocaust Bangsa Yahudi
Gurun Sahara Pernah Hijau
Sejarah Google
Peradaban Mesopotomia
Mesir Kuno
Perang Vietnam
Perang Teluk Persia
Tembok Berlin
Perang Salib
Kerajaan Turki Ismani
Boris Yeltsin Mabuk DI Dekat Gedung Putih
Galaksi Terjauh DI Alam Semesta
Sejarah Berdirinya Yahoo
Gladiator Romawi Kuno
Pembantaian Keluarga Defeo
Bom Atom Hiroshima Nagasaki
Sejarah Yakuza
Sejarah Dunia Yang Mengagumkan
Galileo Penemu Satelit Ganymede
Penipuan Terbesar Bernard Madoff
Kecelakaann Termahal Dan Terburuk
Sejarah Peradaban Romawi,Inka dan Maya
Jack The Ripper
10 Teori Konspirasi Di Dunia Yang Masih Diperdebatkan
Al Capone
Albert Einstein
Antonio Accardo
Albert Anselmi Dan Jhon Scalise
Alexander Graham Bell
Alfred Hitcock
Andy Warhol
Andrea Hirata
Arthur Conan Doyle
Barack Obama
Benjamin Franklin
Bob Marley
Chairil Anwar
Clyde Tombaugh
Chirtopher Columbus
David Beckham
Diego Armando Maradona
Diego Velasquez
Edgar Alan Poe
Edvard Munch
Fidel Castro
Frank LLoyd Wright
Genghis Khan
George W Bush
Isaac Newton
James Watt
John Forbes Nash
Josef Stalin
Julius Caesar
Kubilai Khan
Leonardo Da Vinci
Luciano Pavarotti
Martin Luther King Jr
Michael Jackson
Michelangelo Antonioni
Michael Schumacer
Mohammad Hatta
Napoleon Bonaparte
Pablo Piccasso
Percival Lowell
Rene Magritte
Rudolf Abel
Roger Federer
Saddam Hussein
Salahudin Al Ayubi
Stephen William Hawking
Soekarno
Soeharto
Tiger Woods
Valentino Rossi
Vincent Van Gogh
Wolfgang Amadeus Mozart
Rahasia Bisnis Online/Warnet
Hacker Hebat Newby Entahlah
Isi Laptop Noordin
Sebelum Kiamat Tiba
Timnas Indonesia Vs Brazil
Kumpulan Puisi Terbaik
Related Websites

* Buy Text Links
* Text Links
* Order Text Link Here
*
*

Blog Advertising - Advertise on blogs with SponsoredReviews.com
Kabar Internasional
# Turki Tangkap 32 Tersangka Anggota AL-Qaeda
# Serangan ke Berbagai Fasilitas Keamanan, 37 Tewas
# Lagi, 6 Pemicu Rusuh Antaretnis Dihukum Mati
# Facebook Ungguli MySpace di AS
# Pesawat AS Tanpa Awak Jatuh Di Afghanistan
# Pendeta Irlandia Yang Diculik Di Filipina Masih Hidup
# Utusan PBB:Kecurangan Pemilu Afganistan Cukup Besar
# Kisah Sedih Dari Lorong Bawah Tanah
# Ada Zebra Jadi Jadian Di Gaza
# 3,5 Juta Orang Italia Hidup Dibawah Garis "Kemiskinan Pangan"
Label

* Sejarah
* Profil
* Berita
* Klub Dunia
* Dunia Komputer
* Asal Tulis
* Dunia Puisi

Arsip Blog
Text Link Ads
Traffic Blog
About Me
Foto Saya

ernest jeremi
Sangat Berbakat earnjer@gmail.com

Lihat profil lengkapku
Followers
Live Traffic Feed
See your face here: Sign in with Twitter or Facebook.
Jakarta, Jakarta Raya arrived on "sejarah dunia dan profil: Sejarah Organisasi Freemasonry" 4 mins ago.
Bandung, Jawa Barat arrived from google.co.id on "sejarah dunia dan profil: Kebudayaan Suku Inca" 17 mins ago.
Muncie, Indiana arrived from google.com on "sejarah dunia dan profil: Kebudayaan Suku Inca" 18 mins ago.
Jakarta, Jakarta Raya arrived from tulisdunia.blogspot.com on "sejarah dunia dan profil: Mullah Omar Biang Kegagalan As Di Afganistan" 20 mins ago.
Semarang, Jawa Tengah arrived on "sejarah dunia dan profil: Sejarah Organisasi Freemasonry" 28 mins ago.
Jakarta, Jakarta Raya arrived from google.co.id on "sejarah dunia dan profil: Sejarah Ninja ( Ninjutsu )" 40 mins ago.
Jakarta, Jakarta Raya arrived from google.co.id on "sejarah dunia dan profil: galileo penemu satelit ganymede" 44 mins ago.
Surabaya, Jawa Timur arrived on "sejarah dunia dan profil: Suku Indian" 49 mins ago.
Cikarang, Jawa Barat arrived from google.co.id on "sejarah dunia dan profil: sejarah peradaban romawi,inka dan maya" 54 mins ago.
Jakarta, Jakarta Raya arrived from tulisdunia.blogspot.com on "sejarah dunia dan profil: Pria Berpayudara Terbesar" 56 mins ago.
Visits in Real-Time · Menu
[Click to Get Live Traffic for your Blog or Website]

by:google

Tidak ada komentar:

Posting Komentar